Kewajiban Menjaga Kebersihan Gigi saat Puasa: Menggosok Gigi Bolehkah?

Kewajiban Menjaga Kebersihan Gigi saat Puasa: Menggosok Gigi Bolehkah?

Saat Ramadan tiba, makan-makanan hanya bisa dilakukan di malam hari karena melakukan ibadah puasa. Tetapi saat waktu berbuka datang semua makanan rasanya akan dilahap semuanya. Tidak ada satu pun makanan yang terlewat. Tetapi, sadar enggak sih? Sering kali beberapa makanan berserat seperti daging menyempil di sela-sela gigi, tidak segan juga menggunakan tusuk gigi. Padahal jika membersihkan menggunakan sikat gigi, tentu akan lebih membersihkan dari dari bakteri yang melekat di rongga mulut. Akibatnya saat puasa terutama siang hari mengeluarkan aroma bau mulut.

Menjaga kebersihan gigi sangat diharuskan, agar tidak mudah terkena penyakit sariawan maupun gusi membengkak. Tidak hanya itu menjaga kebersihan gigi dengan rutin sikat gigi setelah makan, sahur dan buka juga saat akan menjelang tidur. Nah, kalau puasa apakah tetap boleh menyikat gigi?

 sumber: www.pexels.com
Tentu saja boleh dan disarankan, tetapi hati-hati agar tidak sampai tertelan. Juga pakai pasta gigi tidak makruh dan tidak membatalkan puasa. Berikut fatwah Al-Lajnah Ad-Daimah 25/25 menyatakan “Tidak mengapa (mubah) menggunakan pasta gigi bersama siwak karena bukan termasuk (perbuatan) makan dan minum.”

Nah, kan sikat gigi tidak akan membatalkan puasa karena aktivitasnya hanya sekadar membersihkan gigi bukan untuk menjadi pengganti makanan maupun minum. Menjaga kebersihan gigi juga salah satu cara merawat email gigi dan mencegah dari berbagai penyakit gigi. Gunakan pasta gigi yang mengandung flouride untuk membantu mengatasi penyebab gigi berlubang.

Jika memiliki gigi sensintif hindari menggosok gigi terlalu keras utamakan menggosok secara lembut searah jarum jam. Mengurangi makanan yang panas dan dingin secara bersamaan. Karena apa yang kita makan akan berpengaruh pada keadaan gigi.

Menjaga kesehatan gigi sangat penting, karena fungsi gigi sangat utama dalam mencerna makanan sebelum masuk ke dalam tubuh. Menggosok gigi minimal dilakukan sebanyak tiga kali setelah sahur atau sebelum imsya’ setelah berbuka puasa dan akan tidur. Dengan begitu gigi akan tetap kinclong, bebas dari bakteri dan napas menjadi lebih segar.


Baiq Cynthia

Baiq Cynthia Menggeluti dunia literasi dan freelancer, sebagai editor lepas dan penulis content writer. Bukunya berjudul September Wish dan DARAH. Menantikan kehadiran buah hatinya.

Post a Comment

Popular Posts