Wednesday, May 8, 2019

Menu Sahur Praktis dan Bergizi: Udang Pedas-Asam-Manis

Menu Sahur Praktis dan Bergizi : Udang Pedas, Asam dan Manis

Pastinya ingin menyantap sahur yang tidak hanya berbahan dasar mie maupun fast food yang siap disajikan seperti aneka sosis, nugget maupun hal-hal yang berbau gorengan. Bulan Ramadan dituntut menahan lapar dengan amunisi asupan yang sehat dan simple membuatnya. Tidak ingin lama-lama masak, malah imsyak. Nah, makanan ini bisa jadi ide untuk menu sahur dan pasti mengenyangkan dan sehat. 

Saya ingin berbagi resep memasak Udang Pedas, Asam dan Manis. Salah satu masakan yang tidak asing jika mengunjungi resto atau kafe-kafe kekinian. Ternyata di balik lezatnya bumbu bercampur dengan cita rasa udang akan menjadikan menu sahur yang favorit. Jika biasanya udang hanya digoreng atau dijadikan bakwan, kali ini udang akan menjadi menu yang lebih sehat dan tidak bikin mudah haus selama menjalankan ibadah puasa. 

Sebelum memasak, pastikan sudah menyediakan udang segar yang sudah dicuci bersih di freezer. Siapkan saat sore, agar cita rasa undang lebih maknyusss di lidah. Bubuhi perasan jeruk nipis selama menyimpan untuk menghilangkan aroma amis. Bahan-bahannya apa saja? Oh iya, kali ini saya akan berbagi resep tanpa menggunakan penyedap tetapi rasanya tidak kalah saing dengan makanan resto. Hihihi


Bahan :

Udang segar yang sudah dicuci 125 gram (awalnya beli udang seperapat kilo, setelah dibersihkan kepala dan kulitnya akan menyusut 50 persen).
Bawang putih dan bawang merah perbandingan 1:2 (kalau saya menggunakan bawang merah enam dan bawang putih tiga siung)
Merica
Tomat 1
Irisan jeruk nipis
Cabe rawit 2 biji
Kecap manis 1 sdm
Garam dan gula secukupnya
Sedikit terasi
Minyak goreng secukupnya. 

Cara Membuat:
1. Kupas bersih bawang putih dan bawang merah, sisihkan bawang putih menjadi dua bagian. Dua siung dihaluskan bersama garam, terasi, merica dan cabe rawit. Sisanya dirajang untuk ditumis.
2. Goreng udang selama satu menit, kemudian tiriskan.
3. Tumis bawang merah dan putih sampai aromanya keluar.
4. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, tumis sebentar.
5. Masukkan udang setengah matang, tumis dengan bumbu sampai merata. Tambahkan sedikit air.
6. Setelah agak meresap, masukkan tomat yang sudah diiris beserta kecap dan gula. Kembali aduk sampai mengental.
7. Tumis sampai matang merata, kemudian tiriskan.
8. Masakan sudah selesai, beri sedikit perasan jeruk nipis.
1          9.  Udang pedas, asam, manis siap menjadi santapan sahur. 

Mudah bukan? Proses memasaknya juga menggunakan sedikit minyak jadi tidak akan membuat tenggorokan mudah kering selama berpuasa. Menu sahur simpel serasa menyantap masakan restoran dan bergizi. 

Selamat mencoba!




1 comment:

  1. bingung pulang kerja tidak tahu mau mengerjakan apa
    ayo di tunggu apa lagi segera bergabung dengan kami
    di i/o/n/n/q/q kami tunggu lo ^^

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan sempatkan memberikan komentar. Saya akan memberikan umpan balik dan berkujung kembali pada blog Anda.