Sunday, May 12, 2019

Hati-hati, Jelang Lebaran Belanja Online Shop Seringkali Terjadi Penipuan

Hati-hati, Jelang Lebaran Belanja Online Shop Seringkali Terjadi Penipuan
Bulan penuh berkah dan mendekati lebaran ini pasti akan banjir dengan promo maupun diskon. Tidak hanya di toko offline, toko online juga berlomba-lomba untuk mencari banyak keuntungan. Karena kebutuhan meningkat lebih banyak dan beragam, mulai dari pakaian, menu makanan untuk lebaran sampai kebutuhan rumah tangga. Kalau belanja secara offline, tentu lebih gampang untuk mengetahui kualitas barang tanpa khawatir ditipu. Namun kalau belanja secara online, yang memang tidak perlu repot-repot capek keliling toko. Hanya perlu duduk mencari barang dicari dan membayar dengan kartu hingga menunggu barang sampai di rumah sesuai dengan estimasi. 

Berburu promo Ramadan lebih aman melalui aplikasi resmi, kalau pun menemukan gerai online shop di media sosial baik di Instagram maupun facebook. Karena pernah memiliki pengalaman penipuan membeli barang secara online. Berikut tips agar belanja lebih aman dan tanpa takut ketipu;

1.       Memastikan pelapak online memang terpecaya
Mulai mencari latar belakang orang yang berjualan secara online. Berapa lama ia membuka gerai online, seberapa banyak lingkaran pertemanan dengan akun media sosial Anda. Untuk memastikan pelapak online memiliki track record yang baik dengan cara stalking, pastikan ada nomor telepon, web dan alamat yang jelas. Biasanya pelapak onlie yang terpecaya juga memiliki identitas yang jelas. 

2.       Tidak memasang promo yang berlebihan
Biasanya online shop yang aman akan memberikan promo yang wajar. Namun, kalau promo yang diberikan harganya dibanting dengan alasan cuci gudang sekali pun tidak masuk akal dengan harga diskon lebih dari 80 persen. Jangan tertipu juga dengan promo yang mengatasnamakan barang impor dan dikirim lewat Batam. Karena orang berjualan normalnya akan menjual barang dengan harga pasaran. Rata-rata yang menjual dengan harga miring biasanya hanya supermarket yang besar. 


sumber: www.freestock.com
3.       Testimoni pelanggan
Terkadang testimoni pelanggan bisa dibuat-buat. Jangan langsung percaya pada gambar-gambarnya. Banyak pelapak online yang memiliki follower tinggi dan testimoni yang bagus, tetapi tidak jarang masih bisa menipu. Seringkali ini terjadi di Instagram. Maka hati-hati memilah olshop dengan jumlah follower jutaan, namun tidak memiliki website resmi maupun aplikasi jualan online. Agar tidak mudah terjebak dalam tipuan batman. Mintalah transaksi secara COD atau melalui platform seperti Bukalapak, Shoope, Tokopedia, dan sebagainya. 

Nah, selain tiga tips yang saya jelaskan. Hal lebih utama ialah tidak memberikan identitas KTP dan buku rekening Anda maupun password ATM. Karena bisa disalahgunakan. Berburu promo memang asyik di di bulan yang banjir diskon. Tetap hati-hati dan pastikan melakukan transaksi yang aman sesuai dengan prosedur.

1 comment:


  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    add pin bb 58ab14f5 || ditunggu ya^^

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan sempatkan memberikan komentar. Saya akan memberikan umpan balik dan berkujung kembali pada blog Anda.