Tetap Produktif Walaupun Hamil Muda dan Morning Sick-Baiq Cynthia

Cara melewati Morning Sick dan Mood Swing Ketika Hamil Muda


Setelah mengalami gejala hamil berupa telat datang bulan, dan ketika menggunakan alat pendeteksi kehamilan dinyatakan positif. Selamat! Anda sudah menjadi calon ibu, yang sering disebut bumil-ibu hamil. Masa periode emas dan merupakan tantangan selama kehamilan sekaligus masa pembentukan calon bayi. Memang tatkala menantikan masa ini terkadang sangat berat untuk melaluinya. Apalagi morning sick gejala hamil yang sering mual, muntah, tidak nafsu makan dan emosi berubah setiap waktu. Menjadi seorang ibu rumah tangga yang merangkap sebagai freelancer butuh kesabaran yang luar biasa. Terlebih keadaan hamil yang terus memaksa untuk bermanja-manja.
sumber : Free picture edited using Canva

Tetapi saat hamil tidak bisa menjadi alasan untuk bermalas-malasan, ada banyak hal yang bisa dilakukan saat morning sick datang. Terlebih keadaan hormon yang menganggu kestabilan emosi. Tidak bisa dipungkiri, hal ini biasa terjadi pada ibu hamil. Terlebih bawaan bayi yang terkadang membuat bingung calon ibu. Biasanya makan lahap, karena hamil muda sering muntah, mual dan kepala pening. Tidak jarang mudah lelah padahal aktivitas yang dikerjakan sangat sedikit. Tubuh wanita hamil sudah banyak mengeluarkan energi untuk proses pembentukan janin. Tetapi masih bisa loh, ibu hamil tetap eksis dan produktif.

1    1.   Jadikan motivasi, karena sebentar lagi akan mendapatkan teman hidup baru.
Senang rasanya memiliki buah hati yang diidamkan, motivasi penyemangat yang paling efektif untuk makin rajin mengerjakan tugas logistik maupun pekerjaan. Semakin besar motivasi, keadaan yang tubuh yang sering oleng akan berkurang signifikan puncaknya pada trimester kedua akan semakin enjoy. 
2      2.Menyiapkan makanan ringan dan minuman di sekitar Anda saat beraktivitas.
Ibu hamil akan sering merasa lapar, namun kondisi ini bukan berarti harus makan dengan porsi besar. Karena janin hanya memerlukan nutrisi yang penting bukan kalori yang banyak. Untuk menghindari dehidrasi dan serangan lapar yang menganggu saat melakukan rutinitas. Sediakan cemilan sehat dan air. Usahakan tidak mengandung MSG maupun banyak campuran kimia. Jika suka memasak saat hamil buat makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi. Kalau saya suka membuat roti maryam, ubi rebus maupun menyediakan biskuit bayi.
3   
       3. Membuat jadwal rutinitas menjadi dua bagian antara prioritas dan sampingan
Waktu yang dimiliki bumil tidak seperti orang normal 24 jam, karena terpotong dengan jam istirahat yang lebih panjang. Terlebih ketika bumil mengerjakan sesuatu hanya bisa slow dan ringan, tidak bisa mengangkat beban berat maupun pekerjaan yang berat. Jam istirahat di siang hari wajib ada walaupun hanya 30 menit, dan malam pun tidak disarankan begadang. Karena tubuh butuh istirahat sembari memproses pembentukan janin. Rutinitas yang dimaksud ialah yang mendesak dijadikan yang utama, sementara pekerjaan yang kurang mendesak bisa ditinggalkan untuk sementara waktu.
Tipsnya ketika tubuh wanita hamil sudah siap beraktivitas, maka segera melakukan aktivitas normal. Jika sudah merasa lelah, wajib tidur walaupun sebentar. Karena akan mempengaruhi kadar mood dan konsentrasinya. 
4    4.Selama kehamilan lakukan hal yang menyenangkan, tinggalkan berita kurang bermanfaat maupun kabar tidak baik di media.
Ini sangat penting, mengingat keadaan wanita hamil akan mempengaruhi keadaan bayi yang dikandung. Jika ibu hamil sering emosi, potensi melahirkan anak yang sulit diatur akan besar. Begitu juga jika sering menangis, janin akan merasakan apa yang di ibunya rasakan. Biasanya akan berpengaruh pada perkembangan psikis. Lakukan kegiatan ringan seperti olahraga, berkunjung ke rumah saudara maupun menonton film yang menyenangkan.
5    5. Membaca buku atau artikel seputar kehamilan dan rajin konsultasi
Semakin rajin menggali informasi penyebab pusing, keadaan yang dialami bumil. Wanita yang hamil tidak akan terkejut maupun bingung dengan keadaannya yang berubah drastis. Terlebih berkonsultasi kepada pakarnya. Beberapa bidan yang saya temui masih tidak bisa memberikan cara menghilangkan morning sick. Tetapi dari buku dan artikel yang saya baca, saya mulai bisa menjalani morning sick dengan rasa yang tenang.

Cara mengurangi kadar morning sick.
Biasakan untuk minum air setelah bangun tidur, dilanjutkan dengan aktivitas biasa. Jika sudah pukul 6 pagi harus ada makanan yang masuk, karena saya mengalami morning sick yang berat. Sering muntah dengan aroma nasi, biskuit dan susu menjadi teman. Jangan sampai lambung kosong, karena ketika kosong asam lambung akan naik dan memicu mual-muntah.
Kendalikan sugesti pikiran mengenai makanan yang akan dipilih, jika memang dirasa tidak suka dengan makanan tersebut jangan dipaksakan. Saya sebelum hamil tidak punya masalah dengan telur dadar, namun setelah hamil selalu memuntahkan makanan tersebut padahal baru satu sendok. Sebagai gantinya saya mengonsumsi susu dan suplemen. 

Makan dengan porsi kecil namun sering, sehari bisa lima kali sampai enam kali itu lebih disarankan daripada makan sekaligus. Tidak hanya itu memilih makanan yang kaya nutrisi yang dibutuhkan oleh janin sangat penting. Hindari makanan pedas maupun berlemak tinggi seperti santan. Makanan pengganti seperti buah dan sayur tambah lagi porsinya.

Istirahat yang cukup untuk mengembalikan energi yang sudah digunakan. Imbangi dengan gerakan olahraga ringan juga dibutuhkan, seperti melakukan jalan santai setiap pagi. Hindari pekerjaan yang berat seperti mengangkat beban maupun aktivitas yang menguras energi.
Menghindari bau-bau yang memicu terjadinya mual seperti bau menyengat, aroma parfum yang berlebihan, asap rokok maupun obat nyamuk dan asap kendaraan. Perlunya mengantisipasi dengan menggunakan masker. 


Masa kehamilan merupakan masa yang ditunggu dan diharapkan oleh wanita yang mendambakan keturunan. Mulai memahami kondisi fisik dan kebutuham tubuh, bisa menjadi prioritas utama. Karena janin yang dikandung lebih membutuhkan perhatian dari banyak orang.

Baiq Cynthia

Baiq Cynthia Menggeluti dunia literasi dan freelancer, sebagai editor lepas dan penulis content writer. Bukunya berjudul September Wish dan DARAH. Menantikan kehadiran buah hatinya.

Post a Comment