Monday, April 22, 2019

TEMPE MERCON: MASAK SEDERHANA BIKIN NAMBAH-Pawon Baiq


TEMPE MERCON: MASAK SEDERHANA BIKIN NAMBAH
Berawal dari kegalauan, enggak enak badan, tidur tidak nyenyak dan perut lapar minta diisi. Sementara bahan yang tersedia itu-itu saja. Bosan kalau tempe hanya digoreng biasa, apalagi tempe sisa kemarin. Karena kemarin belum selesai masak sudah habis isi tabung gas, nunggu misua datang. Ternyata malam hari baru mau beli, eh ternyata regulatornya rusak saat melepas dari elpiji

Walhasil kasian sama nasib tempe, daripada kebuang mending buat olahan baru. Sejak kapan hari itu pengin makanan yang pedas tapi buat sendiri. Berbekal tutorial di youtube, karena kalau meracik sendiri takutnya enggak enak. Buat tambahan referensi dan dengan pengubahan.

Cuaca terlalu panas, pilek enggak sembuh, mungkin kalau makan yang pedas bisa sembuh. Pasalnya hidung saat dibersihkan enggak ada apa-apanya. Tanpa banyak cincang langsung menuju dapur. Membuat tempe mercon level satu. Pasalnya saya enggak suka pedas dan perut akan terasa panas, terlebih masih hamil. Rempong kalau harus bolak-balik toilet membawa beban di perut. Kembali pada resep tempe mercon!

Resepnya sederhana;
1 papan tempe ukuran kecil
5 cabai
Sedikit lengkuas dan jahe, buat irisan tipis dengan lebar 1 cm
1 sdm gula
1 sdt garam
50 gram tepung terigu
1 sdm tepung tapioka
6 Bawang merah
2 Bawang putih
*) bawang daun secukupnya
*) Merica secukupnya
*) ½ irisan jeruk nipis
(Tanda bintang ini hanya pilihan saja, bisa tidak digunakan).



Cara Membuat: 
 1. Siapkan bahan yaitu bawang merah 6 siung untuk ukuran yang kecil; bawang putih 2 siung; cabai rawit, apabila enggak suka pedas bisa diganti dengan cabai keriting; lengkuas dan jahe, garam dan gula juga merica. Masukkan bahan semua itu di ulekan, menguleknya jangan terlalu halus.
  2.  Peras separuh jeruk nipis, jangan terlalu banyak jika membuat dengan porsi kecil.
  3. Rajang bawang daun sampai ukurannya halus, lalu campurkan pada sambal yang sudah diulek. 
 4. Siapkan adonan yaitu tepung terigu dicampur dengan tepung tapioka aduk sampai kalis, tambahkan sedikit garam cukup secuil. Beri air secukupnya aduk perlahan sampai adonan mengental dan tambahkan lagi sedikit air namun tidak sampai terlalu encer.
  5. Siapkan wajan dan minyak goreng secukupnya, usahakan minyak panas dan saat menggoreng dengan api sedang. Agar tempe tidak mudah gosong sementara di dalam masih mentah.
   6.  Mulai menaruh perlahan sambal pada tempe yang dipotong menyerupai dompet. Caranya iris 0.5 cm tidak sampai putus lalu ambil ketebalan yang sama, potong.  Masukkan tempe yang sudah diisi pada adonan.
  7. Goreng pada minyak panas, usahakan tempe terendam. Jangan diotak-atik biarkan sampai keemasan. Lalu balik tempe dan saat matang tiriskan.
  8. Selamat mencoba!

        Itu saja langkah-langkah untuk membuat tempe mercon, level pedasnya sesuai selera. Jika suka pedas tambahkan jumlah cabai. Usahakan saat menghaluskan tidak menggunakan blender, cukup ulek biasa agar tidak terlalu halus. 



        Semoga bermanfaat, selamat mencoba! Karena rasanya maknyussss ... Resep sederhana dan bahan mudah didapatkan tapi bikin nambah. Resep yang saya bagikan sudah saya uji coba sendiri, rasanya nendang dan suami nambah terus. Cocok dimakan dengan saos atau menjadi lauk.


6 comments:

  1. Yupppp,dicoba dulu kak. 😇Bikin ketagihan

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Coba dulu kak, untuk resepnya. :)

    ReplyDelete
  4. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq**
    add pin black.berry 58ab14f5 || ditunggu ya**

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan sempatkan memberikan komentar. Saya akan memberikan umpan balik dan berkujung kembali pada blog Anda.