Tuesday, April 30, 2019

Sakit yang Dialami oleh Wanita Hamil, itu Normal

Rasa Sakit yang dibilang normal, Itu Saat Hamil

Masa kehamilan menjadi anugerah bagi seorang wanita, karena ia akan mendapatkan hadiah yang spesial dari Allah. Sosok bayi akan hadir lewat rahimnya dan menjadi penyejuk hati. 




Setelah menikah hampir semua orang akan bertanya, sudah ‘isi’? Terkadang sebagai wanita merasa sedikit bimbang dan sedih, jika belum hamil terus-terusan ditanya ‘kapan hamil’? Sementara yang menentukan hamil itu Allah.

 Menjadi wanita yang hamil untuk pertama kali, setelah mengalami masa sulit yaitu pernah mengalami keguguran bukan hal yang mudah menjalani masa kehamilan. Allah menyayangi wanita hamil sehingga mendapatkan pahala tambahan seperti pahala sedang berjihad. Jika seorang wanita hamil meninggal dunia saat melahirkan, ia pun akan dianggap sebagai mati syahid.

Sumber : Instagram/Prenagen


 Seperti dalam surat Al-Ahqaf ayat 15 yang menyatakan, “ Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang—ibu bapaknya, ibunya mengandung dengan susah payah, dan melahirkan dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan ....”

Juga ada dalam hadis, “Berarti orang yang mati syahid di kalangan umatku cuma sedikit. Orang yang mati berjihad di jalan Allah, syahid, orang yang mati karena Tha’un, syahid. Orang yang mati tenggelam, syahid. Orang yang mati karena sakit perut, syahid. Dan wanita yang mati karena nifas, dia akan ditarik oleh anaknya menuju surga dengan tali pusarnya.” (HR Ahmad dalam musnadnya 15998. Shahih li Ghairih oleh Syuaib Al-Arnauth). (sumber: konsulatasisyariah.com)

Masyaallah, sangat banyak ganjaran yang didapatkan oleh wanita hamil, sampai dijamin syahid jika meninggal. Maka ketika wanita hamil mengeluh sakit kepala, nyeri punggung, mual hingga muntah, jika mengeluh kepada dokter tentu jawabannya adalah normal. Karena sistem kerja dari hormon progesteron. Terlebih saat trimester pertama yang indra penciumannya sangat sensitive, kadang makanan kesukaan jadi tidak enak dan sering merasa kecapekan. Semua rasa sakit yang dialami wanita hamil itu normal. Kecuali ada hal-hal yang serius seperti munculnya flek dan kontraksi yang disertai darah, patut diwaspadai. Keluhan morning sick sudah hilang saat masuk trimester kedua, tetapi keluhan lainnya juga menyusul.

Badan menjadi mudah lemah, lemas dan pegal-pegal saat aktivitas normal. Keadaan emosi yang kadang tidak stabil, itu menjadi wajar saat hamil. Beruntungnya, saat hamil nafsu makan bertambah lebih baik dan tidak ada pantangan lagi. Janin mulai disisipin roh, ia pun bisa bergerak-gerak seperti bersin, menguap, menggerakkan otot lengan dan kaki.

Sehingga pergerakannya terkadang membuat wanita hamil harus bolak-balik kamar mandi, karena kantong kemih sang ibu yang tertahan. Tidak hanya itu, saat tidur terkadang kaki kram, perut kaku dan tidur harus terganggu, begitu juga saat duduk terlalu lama.

 Bersabarlah wanita hamil, masa kehamilan hanya menghitung bulan. Jika dinikmati dan gembira, suasana hatimu akan lebih menyenangkan. Keadaan tubuhmu juga pasti akan lebih baik, namun jika sudah membawa sebuah beban sendiri, pasti akan semakin lelah dan lemah. 

Menyuarakan sugesti positif saat hamil itu penting, hanya dengan banyak-banyak bersyukur. Menjadi salah satu wanita yang diberikan kepercayaan oleh Sang Maha Pencipta. Insyaallah, segalanya akan berjalan lebih baik lagi. Supaya lebih menyenangkan dan nyaman saat menjalani kehamilan, pastikan untuk selalu update informasi seputar kehamilan. Sering berkonsultasi dengan dokter, meminum air dengan rutin, juga vitamin dan susu yang cukup. Begitu juga menjaga kesehatan dengan makanan yang disarankan oleh dokter.

 Beberapa tips sehat saat hamil yaitu makan sering dengan porsi secukupnya, menyeimbangkan empat sehat lima sempurna, istirahat siang walaupun beberapa menit yang penting kualitasnya. Tidak begadang, menghindari paparan asap rokok dan radiasi. Sering-sering bahagia! Selain itu olahraga yang cukup dan tidak terlalu berat dalam bekerja.


 Ikuti seluruh irama yang diinginkan janin, jika merasa kelelahan segera istirahat dan saat merasa tidak nyaman badannya langsung periksa. Rasa sakit yang normal itu akan membuahkan kebahagiaan yang tidak setara ketika persalinan dan buah hati lahir dengan sehat, nomal dan menjadi generasi yang solih. Aamiin ...

1 comment:


  1. mari bergabung dengan kami di ionqq_com
    menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi segera bergabung yuk dengan kami ^^

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, silakan sempatkan memberikan komentar. Saya akan memberikan umpan balik dan berkujung kembali pada blog Anda.