Friday, March 15, 2019

10 Manfaat Lemon untuk Ibu Hamil dan Cara Mengonsumsi: Baiq Cynthia

0

10 Manfaat dari Jeruk Lemon, Cara Mengonsumsi untuk Ibu Hamil
Ibu hamil itu spesial, karena fungsi tubuhnya selama hamil berubah mulai dari sistem pernapasan, tekanan darah dan peraturan tubuhnya. Semenjak janin tertanam dalam tubuhnya, berbagai permasalahan yang dibilang wajar datang pada ibu hamil. Ada banyak gangguan fungsi tubuh seperti sembelit, nafsu makan berkurang, morning sick, mengalami migrain dan lainnya.
Bagi yang baru mengalami kehamilan pertama pasti akan sering bertanya-tanya, kenapa sering buang air kecil, sulit buang air besar, mual-muntah, penciuman sensitif, mood swing. Jeruk lemon memiliki banyak manfaat untuk ibu yang sedang hamil. Apa saja manfaatnya?
Baiq-cynthia-ibu-hamil-lemon
10 manfaat lemon untuk ibu hamil

Mengandung Vitamin C

Jeruk lemo kaya akan kandungan vitamin dan mineral salah satunya adalah vitamin C. Selama kehamilan memang disarankan untuk banyak konsumsi buah maupun sayuran mengandung vitamin C. Jangan khawatir, jeruk lemon ahlinya vitamin C. Belajar untuk menggunakan yang alami tanpa harus bergantung pada suplemen.

Meringankan konstipasi
Sembelit merupakan hal wajar yang terjadi saat kehamilan, karena letak janin yang menekan bagian usus. Lemon memiliki serat yang baik untuk tubuh, melancarkan proses metabolisme dalam tubuh dan meringankan gejala konstipasi. Lemon menstimulasi hati dan meningkatkan gerakan usus, sehingga membantu mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh.

Menghidrasi
Cairan lemon bisa membuat tubuh tetap terjaga dari dehidrasi. Penting bagi ibu hamil untuk selalu dalam keadaan sehat, terhindar dari mual, sakit kepala, bengkak, pusing dan kram.

Anti-oksidan
Lemon banyak mengandung anti-oksidan, konsumsi air lemon secara teratur akan mengeluarkan toksin dari tubuh Anda, selain itu membantu dari penyebab infeksi dari tubuh Anda. Akan melindungi dari gangguan virus dan bakteri, sehingga daya tahan tubuh meningkat.

Mempermudah proses persalinan
Air perasan lemon yang diminum rutin sejak kandungan lima bulan, ternyata bisa mempermudah proses persalinan. Karena lemon menyegarkan, mengurangi pikiran yang stress dan berat. Konsultasikan pada dokter kandungan sebelumnya.

Bagus untuk janin
Lemon yang memiliki kandungan, kalium, vitamin C dan kalsium mempercepat perkembangan otak janin dan pertumbuhan tulang-tulangnya. Selain mengurangi dampak bayi lahir dengan postur pendek, mengonsumsi lemon saat hamil bisa terus menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu kandungan kalium bisa menutrisi sel otak dan syaraf bayi.

Mengatasi gangguan pencernaan
Air lemon juga membantu menjaga kesehatan fungsi ginjal karena memiliki efek diuretik. Mencegah terjadinya permasalahan seperti infeksi saluran kemih pada ibu hamil. Gangguan pencernaan bisa terbantu dengan perasan jeruk lemon.

Mengurangi penyebab kaki bengkak (edema)
Tekanan darah pada ibu hamil cenderung tinggi, terkadang jika terlalu lama berdiri atau berjalan kaki, darah akan berkumpul pada ujung kaki sehingga terlihat membengkak dan sering kali juga terasa kram terutama saat masuk trimester 3.

Membuat PH tubuh menjadi Basa
Air lemon membantu menyeimbangkan. PH dalam tubuh, air lemon juga membuat keadaan tubuh menjadi basa sehingga oksigen berjalan lancar menuju sel-sel tubuh.

Mengendalikan tekanan darah
Air lemon yang kaya akan vitamin akan menjaga pembulu darah tetap lembut dan lentur. Karena sifatnya yang bisa membersihkan toksin maupun sisa lemak. Lemon bisa menurunkan kadar kolestrol dan membantu agar tercegah dari terjadinya luka dalam pembuluh darah yang menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi.

Cara Mengonsumsi Jeruk Lemon
Sangat mudah membuat jeruk lemon di rumah, selain aman dan kebersihan terjamin. Bisa membuatnya sesuai dengan selera. Pertama memilih buah lemon yang masih dalam keadaan segar. Pastikan untuk memijat-pijat atau meremas lemon sebelum diperas.
Sediakan madu, alat pemeras lemon dan pisau. Letakan lemon dengan keadaan horizontal. Potong lemon dengan cara membelah bagian perut lemon. Karena jumlah air akan bertambah banyak ketika diperas. Kemudian peras lemon dengan posisi menekan sambil memutar searah jarum jam, hingga sari buah lemon keluar.
Baiq-cynthia-ibu-hamil-lemon
Cara Konsumsi Lemon 

Menyiapkan air panas atau hangat di dalam gelas, larutkan madu kemasan atau gula. Kemudian campur sari lemon sebanyak dua sampai tiga sendok. Karena rasa lemon cukup masam, sesuaikan dengan porsi air maupun pemanisnya.
Minum air lemon yang sudah teraduk rata, jangan lupa minum dengan posisi duduk dan menggunakan tangan kanan.
Review setelah meminum air jeruk lemon
Seumur hidup baru pertama kali minum air perasan jeruk lemon yang alami, biasanya membeli versi pabrikan sari jeruk lemon. Rasanya lebih segar yang membuat sendiri. Kecut bercampur masam namun nyaman tidak membuat eneg di lambung, padahal saya menderita gastritis akut. Pengalaman sebelumnya minum jus jeruk dicampur tomat, perut terasa kram, panas dan sulit untuk tidur dalam keadaan hamil juga. Akhirnya tidak nafsu makan, karena lambung terasa perih dan mual.
Berbeda dengan minum air perasan jeruk lemon yang hanya terasa sedikit panas di tenggorokan, entah karena ada radang atau air perasannya yang memang masih hangat. Tiga puluh menit usai mengonsumsi lemon, perut terasa panas bukan karena nyeri namun rangsangan lapar. Walhasil makan secukupnya, khawatir asam lambung. Selang satu jam kemudian, rangsangan lapar terasa lagi, maka saya makan dengan porsi bertambah.
Hal yang saya herankan adalah selama hamil itu sulit untuk makan malam, biasanya akan mual-muntah dan makan dalam porsi sedikit. Namun berbeda dengan setelah minum perasan jeruk lemon. Nafsu makan bertambah dan itu berulang pada satu jam berikutnya, tanpa harus pilih-pilih makanan.
Baiq-cynthia-ibu-hamil-lemon
Manfaat Lemon

Keluhan nyeri di kaki yang terasa berat, hilang namun morning sick (mual-mual) menjadi lebih sensitif begitu juga dengan penciuman. Pasca minum perasan jeruk lemon biasanya sulit untuk tidur alias insomnia, ternyata tidur jadi lebih mudah dan pulas tanpa terbangun tengah malam karena ingin kencing.
Namun, esok paginya badan seperti flue dan demam, entah apa sebabnya. Hanya saja di beberapa artikel yang saya baca, bahwa air lemon dingin bisa menyebabkan terjadinya flu dan batuk pada ibu hamil.
Namun setelah saya amati, flu dan batuk yang terjadi disebabkan alergen debu di ruangan yang terlalu banyak sehingga memicu terjadinya bersin-bersin dan batuk.
Ternyata banyak khasiat dari air perasan jeruk lemon bagi ibu hamil, konsumi sewajarnya jangan terlalu sering dan berlebihan. Karena kadar asamnya bisa merusak email pada gigi dan menyebabkan gejala asam lambung meningkat.
Kalau ingin tidak terlalu banyak cukup konsumsi satu sendok makan perasan sari lemon yang dicampur dengan madu sebagai pereda demam, pilek dan menambah nafsu makan. Berhati-hati ketika menjadi ibu hamil, pastikan asupan nutrisi terpenuhi dan badan selalu dalam keadaan sehat. Air perasan lemon bisa menjadi alternatif obat alami maupun suplemen untuk makan.
Memang benar menurut the American Pregnancy Assosiation, lemon bisa membantu mengati mual dan morning sick pada trimester awal dan kedua.
Penulis : Baiq Cynthia

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan sempatkan memberikan komentar. Saya akan memberikan umpan balik dan berkujung kembali pada blog Anda.