Saturday, January 5, 2019

Cara Cerdas Menghadapi Hater Zaman Now

0

Menghadapi Hate Comment Era Zaman Now

Kalau bicara soal hidup yang berwarna-warni. Terkadang kita dihadapkan dengan beratus-milyar jenis manusia. Ada manusia yang baik hatinya dan sebaliknya. Berhadapan dengan manusia yang terkadang suka sekali mengurusi kehidupan orang, terlebih memberikan komentar buruk dan label yang tidak baik juga. Sudah 2019, apakah kita akan membiarkan diri ini menerima perkataan mereka sebagai pola pikir yang kita yakini sendiri? 

Cara hadapi haters
Sumber: Pexels.com



Kita menjalani kehidupan panggung sandiwara di mana peran yang dijalani tidak hanya satu. Terlalu banyak, terkadang menjadi individu, berubah menjadi murid, atau anak, suami, ayah dan sebagainya. Wajar jika suatu hari manusia melakukan kesalahan, karena manusia bukan malaikat. Ia sering terjatuh pada lubang salah dan dusta. Lantas ada orang di luar lingkaran kehidupan kita melontarkan komentar yang tidak sedap. Apakah kita akan membiarkannya?

Baiq Cynthia Cara hadapi hate comment
Sumber: Pexels.com

Manusia memiliki hak asasi terlebih sekarang sudah ada pasal mengenail cyber-bullying, maka ketika komentar buruk menjurus pada penghinaan. Segera laporkan kepada pihak yang berwajib, karena ini masuk dalam ranah melanggar hukum.
Secara psikologis, hate comment memang memiliki pengaruh kepada kepribadian seseorang. Apabila mental seseorang yang dibully itu tidak kuat, bisa berujung menghilangkan nyawa. Bagaimana caranya menghadapi hate comment sementara sekarang akses media sangat mudah. Orang-orang tidak bertanggung jawab juga serampangan melakukan tindakan yang merugikan itu. 

  1.  Tidak perlu membaca komentar negatif yang ditujukan kepada kita. Baca saja komentar yang positif. Membaca komentar negatif, hanya menstimulus pikiran menjadi terlabeli buruk. 
  2. Kalau memang terpaksa membaca komentarnya, segera singkirkan dan hapus dari ingatan. Sistem pikiran menyimpan memori dengan tekhnik pengulangan, maka sekali mendapatkan informasi buruk segera lepaskan dari ingatan. 
  3. Perbanyak membaca hal yang bermanfaat daripada membaca komentar-komentar orang.


Komentar buruk memang terkadang membuat kita kecil hati, tidak semangat melakukan aktivitas bahkan down. Tetapi, ada pula komentar buruk yang bisa membangun diri kita menjadi lebih baik lagi daripada sebelumnya. Sebelum merasa minder karena komentar buruk, saya sarankan untuk menutup media sosial dalam jangka tertentu dan mulai beraktivitas seperti biasanya. 

Penulis: Baiq Cynthia

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan sempatkan memberikan komentar. Saya akan memberikan umpan balik dan berkujung kembali pada blog Anda.