Thursday, January 3, 2019

🗾[Book Review] Ijakarta: Miss Clean-Sara Tee (2014)

0

Book Review Novel Miss Clean penulis Sara Tee tahun 2014

Masih setia di tahun ketiga bersama Ijakarta sebagai aplikasi untuk membaca buku secara gratis dan legal. Hampir semua kategori buku ada di sini. Terkadang yang tidak ditemukan di toko buku masih ada di aplikasi ringan yang bisa dibaca kapan pun dalam mode offline. Asyik banget enggak harus baca buku karena takut bukunya ketinggalan atau basah karena musim hujan sekarang.


Terima kasih Ijakarta yang terus memperbanyak koleksi bacaan mulai dari resep masakan komik, buku agama, buku fiksi dan nonfiksi. Enggak nyesel deh. Hanya saja harus segera dibaca sampai tuntas sebelum masa peminjaman kadaluarsa.


Oleh karena itu saya punya tips nih, gimana caranya agar membaca tuntas di aplikasi Ijakarta.
1. Download e-book saat engkau memang ingin membaca. Bukan sekadar penasaran.
2. Matikan koneksi data selama membaca buku
3. Siapkan hidangan terbaik saat membaca, agar otak tetap mendapatkan supply nutrisi dan energi.
4. Bagikan hasil bacaan bukumu di media sosial. Karena suatu saat engkau akan tahu seberapa banyak hasil bacaan buku di Ijakarta.
5. Jangan melupakan tugas lainnya, ya! Membaca itu memang penting tetapi enggak harus 24 jam ‘kan?


Oh, iya. Baru saja saya menamatkan buku bergenre teenlit dengan waktu sedikit lama, empat jam. Yup! Dengan jumlah halaman sekitar 250 lembar.


Review Buku Baiq Cynthia


Penulisanya berasal dari Solo, begitu pula dengan latar cerita yang dibawakan. Cerita yang ditulis sangat manis dengan bumbu-bumbu persahabatan dan cinta antar remaja. Kisahnya juga realistik enggak begitu film-in.


Adelia orang pindahan dari Jakarta ke Solo, mengikuti kerja praktik ayahnya sebagai dokter. Ia benci kalau harus tinggal di desa, meninggalkan kebiasaan hedon maupun teman-temannya yang asyik buat hangout.
Tetapi, semenjak pindah di desa ia bertemu dengan perempuan sebaya dengannya yang selalu mencari gara-gara menurut pemikirannya.


Perempuan itu bernama Niken anak tukang pengangkut dan pengepul sampah. Padahal Niken berniat baik malam itu, sejak pertemuan pertama yang seperti anjing dan kucing pertemuan berikutnya mereka juga sering bertengkar dengan kebiasaan Adelia yang memaki dan membuat hati Niken terluka.




Niken memiliki pacar ganteng walaupun wajah dirinya bertolak belakang dengan pacarnya yang sudah kuliah. Sebagai ketua kelas, OSIS dan kapten basket perempuan, Niken berpengaruh di sekolahnya. Tidak kalah juga Adelia yang dijuluki Miss Clean memiliki paras yang cantik dan menjadi idola di sekolah.

Namun apa jadinya jika Miss Clean mencintai pacar Si semut hitam (julukan yang diberikan oleh Adelia untuk Niken).
Kisah-kisah roman yang sederhana namun cukup karakter yang dibangun. Penulis sangat telaten memberikan bumbu-bumbu komedi yang dicampur dengan drama.
Membaca teenlit ini enggak membuat saya menyesal meskipun endingnya sudah tertebak namun rasa penasaran terus digiring sampai cerita khatam.




Pesan moral dalam novel remaja yang saya rekomendasikan untuk dibaca, “Kita enggak perlu membenci orang yang menurut kita buruk dari segi profesi maupun penilaian, pun tidak perlu mencintai orang berlebihan terlebih belum terlalu kenal. Karena belum tentu yang dianggap buruk itu jelek, siapa tahu justeru menolongmu dan sebaliknya.” 

Judul buku : Miss Clean
Penulis : Sara Tee
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : 2014
ISBN : 978-602-03-0809-8
Jumlah halaman : 248

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan sempatkan memberikan komentar. Saya akan memberikan umpan balik dan berkujung kembali pada blog Anda.