Belum Terlambat Untuk Memperbaiki Masa Lalu: Kunci Hidup Bahagia

Tidak Ada Kata Terlambat Untuk Memperbaiki

Mungkin kehidupanmu sekarang di ujung kehancuran. Hatimu sudah lama terluka dan tidak dapat menerima nasihat maupun masukan. Terkadang banyak hal-hal kecil yang justru memicu sebuah perpecahan. Semua bermula dari rasa ego yang mengalahkan logika dan suara kecil hati. Pernakah menyadari arti sebuah kebersamaan dalam kekurangan? Sederhana hanya dengan air putih. Tetapi berbekas membuat hati riang dan kehangatan. Hanya dengan sepiring gorengan makan bersama terasa nikmat. Apalah arti banyak materi namun terlalu sering melayangkan makian-makian yang meremukkan jiwa.


Bisakah merendahkan hati ketika berjumpa dengan orang yang lebih tinggi darimu? Karena tidak ada bedanya antara engkau dan dia jika hanya mengadalkan rasa egois yang tinggi. Bisakah bertutur kata lebih lembut dan memelankan intonasi saat berbicara dengan siapa pun. Sungguh tidak ada yang lebih indah jika jiwamu dihiasi oleh kesantunan dan hati yang melebur pada setiap doa-doa. 



www.baiqcynthia.com



Barangkali engkau sering marah karena merasa diacuhkan, atau karena kecewa yang terlalu dalam kepada perilaku orang yang paling engkau percaya. Bahkan sering menangis dalam diam dan diam-diam kesedihan menggelayuti diri. Tentu hidupmu makin hancur tatkala mendengarkan ucapan-ucapan orang yang membuatmu menjadi rendah. Hatimu belum siap diremukkan, bahkan engkau merasa orang paling menderita di dunia—dizalimi secara massal. Apakah ini salah takdir?

Takdir mungkin belum memberikan kesempatan untuk membuatmu tersenyum saat ini, tetapi apakah engkau akan terus-terusan marah dan emosi kepada orang yang paling engkau percaya, orang yang paling engkau sayangi. Atau apakah engkau akan terus-menerus membenci orang-hakikatnya manusia tidak pernah luput dari dosa dan salah. Tidak ada yang menjamin engkau bisa hidup tenang dalam keadaan membenci. 

Instagram: BaiqCynthia2

Ikhlaskan saja perbuatan mereka kepadamu, barangkali ia melakukan kesalahan karena tidak sengaja dan lupa. Ketika engkau sudah melepaskan rasa kecewa, sedih dan luka. Akan datang rasa bahagia yang lebih indah dari sebelumnya. Syukuri keadaan sekarang, mungkin sekarang belum bisa mewujudkan impianmu. Keadaan yang masih tersungkur, tetap berpikir positif. Allah memiliki seribu rencana untuk membuat hamba-Nya kembali dalam dekapan-Nya.

Tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki keadaan. Terbitkan senyum tiap hari. Tidak ada kesulitan besar ketika engkau mulai merendah dari masalah. Mulailah mengingat segala kebaikan orang-orang yang engkau anggap menzalimimu. Manusia sering melalukan khilaf tetapi mereka akan membuatmu bahagia, ketika engkau mulai memaafkan dan membahagiakan mereka. Rendahkan emosimu,kendalikan amarahmu, bebaskan hatimu yang luka. Peluk orang yang engkau sayangi dan mulai memperbaiki kesalahan.

Baiq Cynthia Motivasi Hidup
sumber: pexels,com

Insyaallah, setiap kesulitan ada kemudahan seperti yang Allah firmankan dalam surat Al-Insyirah ayat 4 dan 5.

“Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan,”
“sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.”

Baiq Cynthia

Baiq Cynthia Menggeluti dunia literasi dan freelancer, sebagai editor lepas dan penulis content writer. Bukunya berjudul September Wish dan DARAH. Menantikan kehadiran buah hatinya.

Post a Comment