Sunday, December 30, 2018

Masalah itu Bukan Alasan Hidup Terpuruk: Tips Atasi Masalah

0

Menemui Masalah Begini Caranya

Setiap orang tentunya akan menemui masalah, masalah yang besar dan kecil tergantung kemampuan kita. Masalah tidak akan selesai selama engkau membiarkan, makin lama masalah akan membesar dan terakhir akan merusak raga. 

Apa pun  masalah yang dihadapi, kuatkan diri dengan mendekatkan hati kepada Allah. Masalah macam-macam, mulai dari masalah kesehatan, ekonomi, masalah keluarga, kerjaan dan masalah-masalah yang lainnya. Kita bisa melepaskan ikatan-ikatan masalah dengan meminta kepada Allah dan bersungguh-sunguh ikhtiar.

Saat sakit menjangkiti tubuh, maka tidak cukup berdoa harus dibarengi dengan ikhtiar yaitu minum obat maupun periksa ke dokter. Sakit memang Allah yang menyembuhkan tetapi sebagai insan yang beriman tetap berikhtiar, di ujung usahanya kembali tawakkal. Menyerahkan hati kepada Allah untuk yakin dan percaya akan baik-baik saja.

Begitu juga dengan masalah ekonomi, tidak terlalu pusing dengan keadaan. Saat kita berusaha semaksimal mungkin untuk mencari rezeki, pasti ada hasilnya. Tidak ada upaya yang akan menghianati hasil. Selain menggiatkan diri bekerja, berdoa juga jadi kuncinya. Segala sesuatu yang terjadi di muka bumi ini tidak akan lepas dari kuasa Allah.

Masalah datang kepadamu bukan untuk membuatmu makin terpuruk, tetapi untuk meningkatkan kualitas diri dan menjadikan dirimu semakin teguh melewati masalah-masalah lainnya. Ingatlah semua orang pasti tertimpa masalah, tetapi hanya segelintir bisa melewati. Mereka yang belum bisa menaklukkan masalah lebih sibuk untuk mengeluh dan tidak sabar dengan keadaan. Apakah masalah bisa terpecahkan jika kita sibuk mengeluhkan nasib juga membanding-bandingkan diri dengan orang lain yang nasibnya lebih baik. 

Masalah memiliki masa, ia tidak akan terus menerjang. Suatu saat akan menemukan penyelesaian, seperti mendung dan hujan akan mendatangkan sinar dan reda. Masalah tidak akan menemukan titik terang selain kita sendiri yang mengungkap permasalahan itu. 

Sudah di ujung tahun 2018, segera selesaikan masalahmu. Menyelesaikan satu-persatu masalah dengan hati hangat dan kepala dingin. Dimulai dengan senyum paling manis, masalah hidup hanya pemanis buatan yang enggak awet.

Penulis : Baiq Cynthia

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan sempatkan memberikan komentar. Saya akan memberikan umpan balik dan berkujung kembali pada blog Anda.