Kesulitan dalam Menulis Artikel, Jangan Khawatir! Tips Ini Akan Membantumu Lancar Menulis


Kesulitan dalam menulis Artikel, Jangan Khawatir! Tips ini akan membantumu lancar menulis.
Beberapa teman penulis fiksi mengeluhkan tentang sulitnya menulis artikel, bahkan menurut pengalamannya ia merasa kesulitan menulis di blog pribadinya. Saya sarankan untuk sering membaca artikel dan belajar menuliskannya. 

Memang tidak ada cara lain selain itu, terkadang kita hanya merasa kurang percaya diri kalau kita mampu dan bisa menulis sebuah artikel. Cobalah untuk menulis ‘sebisanya’ tidak memaksakan diri menulis dengan standar tulisan yang tinggi. Menulis sebuah proses kreatif, maka tidak ada ceritanya bisa menjadi instan. 

cara menulis artikel ala Baiq



Kesulitan pertama yang dialami saat menulis artikel biasanya, menentukan tema. Wuihhhh ... coba lihat 10 benda yang ada di sekitarmu, kira-kira mana yang membuatmu tercenung dan heran. Tuliskan apa kegunaan benda tersebut dan bagaimana cara merawat benda itu. Mudah kan? Kalau merasa idenya belum bisa keluar, coba lihat keadaan sekarang. Buat dua kata sebagai kata kunci tulisanmu. Misalkan melihat keadaan jalan yang padat. 

Kamu cukup menuliskan mengapa macet, apa yang terjadi di sana dan bagaimana agar kemacetan tidak terjadi. Kunci dari menulis artikel yaitu How, What dan Why. Karena tujuan dari artikel itu sendiri menyederhanakan tulisan agar bermanfaat, menghibur maupun menemukan sebuah solusi.
Kemudian berapa jumlah artikel yang baik?

Artikel yang baik biasanya ditulis rata-rata 300 kata. Ada beberapa yang menulis 500 kata, 700 kata dan 1000 kata. Menulisnya juga harus jelas, mudah dimengerti dan tetap satu topik yang dibahas. Jangan menulis banyak topik dalam satu artikel, kecuali memang menjelaskan ragam atau jenis sesuatu. 

Misalkan menulis tentang hujan maka isi artikelnya harus berkaitan dengan hujan maupun cuaca dan akibat hujan. Hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan hujan tidak perlu dimasukkan. Misalnya tukang ojek yang mengantar makanan. Ini jelas tidak singkrong, kecuali tukang ojek mengantar makanan, tidak peduli keadaan cuaca, baik hujan maupun kemarau. Ia tetap berangkat.
Daripada berpusing ria dengan artikel, saya sisipkan beberapa link artikel yang dimuat di beberapa media. Semoga bisa terinspirasi. Tidak ada patokan menulis artikel yang baik, kecuali artikel SEO maupun artikel yang diikutkan pada lomba-lomba menulis artikel. Hal paling utama dalam menulis artikel yang baik ialah tulisan sesuai dengan PUEBI, bahasa jelas, dan terdiri dari pembukaan, isi dan penutup. 

kontributor Hipwee November 2018

link tulisan saya : 

Tulisan di UC Browser :
 https://bit.ly/2USAs9J
 https://bit.ly/2BtjZji 
dll.
Tulisan di Vemale:
https://www.vemale.com/lentera/116866-menolak-pinangan-seorang-pria-karena-belum-siap-meninggalkan-orangtua.html
https://www.vemale.com/lentera/114358-meski-tidak-bisa-menyelesaikan-kuliah-selalu-ada-jalan-wujudkan-mimpi-lain.html

Tulisan yang menang lomba:
Tulisan favorit (total share 721): https://www.vemale.com/love/119649-baru-kenalan-seminggu-langsung-ngajak-nikah-jodoh-tak-pernah-salah-waktu.html 
Kontributor Hipwee Bulan November  :https://www.hipwee.com/list/penting-bagi-kamu-yang-menikah-tanpa-pacaran/
Nominator Cheria Holiday : https://baiqcynthia.wordpress.com/2018/07/06/serunya-travel-eropa-barat-bersama-cheria-holiday/
https://baiqcynthia.wordpress.com/2018/07/06/serunya-travel-eropa-barat-bersama-cheria-holiday/

Sumber: https://www.cheria-travel.com/2018/07/ini-dia-nominator-pemenang-lomba.html
--Cheria Holiday™--

Penulis: Baiq Cynthia

Baiq Cynthia

Baiq Cynthia Menggeluti dunia literasi dan freelancer, sebagai editor lepas dan penulis content writer. Bukunya berjudul September Wish dan DARAH. Menantikan kehadiran buah hatinya.

Post a Comment

Popular Posts