Sunday, December 2, 2018

Kekuatan Hati

0

Orang bilang jika hati diibaratkan cawan ia mampu menampung segala sesuatu di dalamnya. Semakin besar cawan semakin banyak yang ditampung. Begitu pun dengan perasaan yang menjadi penghuni hati, ia tidak akan mampu tertampung jika hati berpikir sempit. Hati lebih banyak mengutamakan emosi dan pikiran mendukung. 

Ada banyak rumus kehidupan jika asin bertemu manis maka akan asin rasanya. Namun jika asin ketemu asin maka bisa menjadi tawar. Ibaratnya ikan asin yang ditaburi garam, maka tidak akan begitu asin. Memunculkan sebuah rumus (-)+(-)= (+). 



Sebuah hubungan yang kokoh bermula dari komitmen yang menguatkan, menghargai, peduli dan kasih sayang. Sebab, masing-masing jiwa bernilai (-) memiliki kekurangan satu sama lain. Agar menjadi positif, setiap hati saling mengisi kekurangan, mendukung dan menjadi cawan untuk hati lainnya. 



Kapasitas hati perempuan lebih besar namun pikirannya lebih sempit. Berbeda dengan lelaki yang dominan berpikir daripada menggunakan perasaan. Tetapi setiap jiwa pasti memiliki hati. 

Ketika engkau dalam keadaan yang labil, emosi naik, cawan sudah tidak mampu menampung. Bicarakan kepada seseorang terdekatmu, khususnya pasanganmu (jika menikah). Isi cawannya yang kosong dengan sedikit perasaan. 

Perasaan tidak pernah berbohong walaupun tatapan mata tidak bisa tertuju padamu. Detak jantung tidak akan berbohong walaupun mematung tanpa ekspresi. Pun pelukan erat tidak akan berbohong walaupun wajah dingin tanpa ekspresi. 

Ketika cawan sudah retak ... ia tidak bisa menampung perasaan. Jiwanya ambang pun tidak akan peduli soal keadaan fisiknya. Tetapi perasaan bisa menambal wadah hati yang retak. Cawan bisa kembali utuh, hanya dengan perasaan lemah lembut, kasih sayang, peduli dan cinta. 

Ia akan membaik, sebaik-baik cawan ialah pemilik cawan dengan perasaan yang tenang ... yaitu sabar dan syukur dengan keadaan.  

Perasaan yang nyaman, memunculkan pikiran yang positif dan jiwa-raga sehat. Begitu sederhana rumus kehidupan. Menjaga perasaan orang lain, menjaga emosi sendiri dan selalu bahagia. 
Kekuatan hati bisa mengubah dunia yang suram menjadi terang. 

Penulis : Baiq Cynthia
Ambulu, 2 Desember 2018

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan sempatkan memberikan komentar. Saya akan memberikan umpan balik dan berkujung kembali pada blog Anda.