Atur Kembali Rencanamu, Mulai Sekarang!

Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah Buat Perubahan Baru!


Detik menuju detik, mengubah menit menjadi jam dan hari hingga tahun harus kembali berganti. Semalam keseruan malam pergantian tahun baru Islam yang riuh di beberapa sudut jalan dengan karnaval lampu obor maupun lampion.

Menjadi momentum yang membahagiakan sekaligus sebagai refleksi diri untuk selalu berubah menjadi pribadi lebih baik lagi. Karena ada pepatah lama mengatakan, hari ini harus lebih baik dari kemarin dan esok harus lebih baik lagi dari sekarang.

Mengawali 1 Muharram 1440 H saya mendapatkan sebuah bingkisan dari Cheria Holiday, berupa kaos bertuliskan #BloggerTRAVELJamanNOW.

[caption width="720"]Yeay! Dapat bingkisan dari Cheria Holiday[/caption]



Senang bercampur aduk setelah sekian lama saya vakum menulis karena kesibukan di dunia nyata yang menyita waktu dan energi lebih banyak. Ayah saya sakit sejak tanggal 1 September 2018. Mohon sambungan do’a ya, kawan-kawan. Kondisinya saat ini masih belum membaik, semoga Allah mengangkat penyakitnya dan menjadi penghapusan dosa.

***


Tahun 1439 H menjadi momentum yang luar biasa, karena saya bisa melewati ekspektasi semacam resolusi yang pernah saya buat. Awalnya saya pikir dengan membuat resolusi bisa membantu untuk mewujudkan impian-impian yang diinginkan. Tetapi, saya salah tidak semua impian bisa tercapai tapi bersyukur sudah banyak pencapaiannya seperti menerbitkan buku di mayor. Saya bersyukur juga bisa merasakan traveling dadakan berkali-kali hingga lupa rasanya diam sejenak. Tapi, pencapaian yang sudah saya dapatkan itu tidak lantas membuat saya berbangga diri. Masih banyak yang harus diperbaiki lagi dari segi persiapan dan pelaksanaan.

Karena ¼ bagian masalah muncul dari luar, tidak semuanya bisa kita kendalikan. Ada banyak faktor luar yang mengubah haluan impian.

Tidak ada yang perlu disesali di masa lalu, selagi kita masih fokus pada hal yang harus dilaksanakan hari ini dan terus memperbaiki diri. Hati dan pikiran pasti akan tenang. Untuk tahap berikutnya siasati segala kesibukan dengan segera menyelesaikan tugas dan masalah. Tidak menunda, karena kita tidak tahu apa yang akan dihadapi esok jika terus-terusan menunda. Barangkali esok datang tugas yang lebih berat. Menunda sekecil tugas maka akan mendatangkan masalah lebih besar, seperti tumpukan sampah yang dibiarkan semakin lama akan menumpuk dan membuat bau yang kurang sedap.

Buat perubahan yang berarti seperti memangkas waktu lebih hemat lagi, buat jadwal rutinitas yang seimbang dengan cita-cita yang ingin digapai. Jangan terlalu banyak fokus, tetapi buat satu prioritas yang dikerjakan secara mendalam dan tekun. Pasti hasil juga akan mengikuti ke arah yang lebih baik.



Jadi, Selamat Tahun Baru Islam! Buat perubahan yang lebih baru dimulai dari diri sendiri.
Situbondo, 11 Sep. 18

Baiq Cynthia

Baiq Cynthia Menggeluti dunia literasi dan freelancer, sebagai editor lepas dan penulis content writer. Bukunya berjudul September Wish dan DARAH. Menantikan kehadiran buah hatinya.

Post a Comment

Popular Posts