Tuesday, June 26, 2018

DOHO Homestay [Review]

0

Review salah satu penginapan nyaman di Jember. Doho Homestay.





Pertama kali saya membuat ulasan tempat yang saya kunjungin di Daily’s Baiq, agar postingan tidak melulu soal motivasi. Kali ini saya ingin bahas tentang sebuah penginapan yang cocok untuk keluarga namun harga terjangkau tetapi kualitas enggak mengecewakan. Bulan Maret saya berkesempatan bisa menginap di sebuah homestay di daerah Sumbersari, Jember tepatnya di Jalan Doho. No 8. Lokasinya memang sedikit masuk, dari daerah jalan setelah Jembatan Kembar.

Kesan pertama setelah sampai di homestay ini ialah uaapik tenan! (Bagus banget). Selain jam check in yan mulai pukul 14.00 tak dibatasi juga kapan mau check out, pelayanannya juga ramah. Hotel ini cukup luas dan terbagi menjadi dua tempat, kebetulan saya di tempat yang berbeda dengan resepsionis ketika check in. View hotelnya berkelas meskipun kategori bintang 2, yang bikin berkesan ialah pengalaman berenang di hotel yang serasa privat.



Nuansa hotel serasa dibawa di Bali, dengan ornamen-ornamen yang memiliki khas Doho. Kamar standart dan penerangan sangat cukup, kasur juga nyaman dan toilet bersih. Intinya tempatnya nyaman dan berasa ada di rumah. Fasilitas sangat lengkap, AC, TV kabel/digital, sandal hotel, perlengkapan mandi lengkap, kantong laundry dan ada juga meja+satu kursi yang nyaman buat menulis, ditambah kaca yang panjang di dekat kursi. Tersedia telepon kabel untuk pesan 24 jam, ya! Pelayanan di kedai maupun restoran 24 jam. Luar biasa.

Sedikit cerita, nih. Ketika sudah check in kami tidak bisa kemana-pun karena lokasi kami benar-benar sepi, berdekatan dengan perumahan. Tetapi tetap aman, jadi saya dan sepupu menikmati kolam yang terjaga kebersihannya. Malam-malam saya belajar renang. (Baca Postingan saya sebelumnya)

Sebelumnya saya berpikir akan kedinginan dan membeku. Ternyata di dalam kolam airnya hangat, ini penginapan yang sayang untuk dilewatkan kalau berkunjung ke Jember. Akses hanya 15 menit dari bandara, di sekitar hotel juga ada kedai makanan yang luezat, tapi harus berjalan dulu ke jalan raya—deket kok, jadi gak akan kesasar.



Saya berenang dari pukul 20.00 sampai hampir jam 21.00, disediakan kamar mandi setelah renang juga. Tetapi saya memilih kamar mandi di dalam kamar, karena perlengkapan mandi ada di dalam, ya meskipun basah-bahasan sedikit dari kolam. Kebetulan kamar kami di lantai ground yang membelakangi kolam, jadi gak masalah kalau sedikit lari estafet menuju kamar mandi.

Dari segi toilet yang bersih, tersedia air panas dan betah berlama-lama di sana, karena toilet sedikit memanjang, dan saluran sanitasi lancar. Soalnya saya pernah tinggal di sebuah penginapan, airnya ‘kemang’, saluran sanitasi yang tersumbat (entah karena jarang dibersihkan atau daya peresapan air kurang).

Usai mandi, kok perut rasanya keroncongan kebetulan pak De sudah membawakan kami nasi lalapan dan di sana disediakan resto yang view kolam, pada malam hari terlihat indah. Kita juga bisa pesan minuman hangat seperti kopi, maupun minuman dingin, di Doho ditawarkan ragam juice sampai wedang Jahe. Tapi, ingat jangan memesan tengah malam, persediaannya juice yang terbatas. Akhirnya saya hanya memesan jeruk hangat. Oh, ia ... sebenarnya sudah gak ingin memesan, ternyata kami dapat promo, satu kamar gratis 2 minuman. Sayang gak dipakai, itu udah menjelang tengah malam, setelah asyik menonton TV dan ingin tidur, malah diketuk pintu kamar oleh saudara saya.



Bisa dibilang, sedikit jengkel dengan pelayanannya yang masih kurang tanggap, saya pesan jeruk hangat yang masuk adalah jus jeruk. :3 Huaaa, alhasil nunggu jeruknya gak dingin lagi. Tapi, percuma karena di dalam kamar AC-nya dingin ditambah udara di Jember yang sejuk. Klop! Maka saya begadang sambil mengerjakan tugas, suka dengan interior kamarnya yang ada walpaper, ketika lampu dinyalakan berasa berada di hotel bintang 5. Meja dan kursi juga nyaman buat para penulis yang mencari inspirasi di luar kota, bisa dicoba deh! Pasti muncul semua idenya.

Sesekali saya menatap taman di luar, ada ayunan, kolam ikan juga disediakan tempat duduk yang bikin semakin betah di sana. Ada lagi nih, yang bikin saya semakin tidak bisa tidur bukan karena gak nyaman. Tetapi, sayang untuk dilewatkan. Tersedia Wi-fi tiap kamar dan wi-fi umum, huhu asyik deh anti lelet. Sayang sekali saya enggak download film satu pun, karena Lappy sudah tidak mampu membawa beban berat.
Sepupu saya yang biasanya asyik diajak ngobrol dan teman begadang, tetapi malah tidur duluan. Kasurnya benar-benar nyaman, dan lebar ukurannya, apalagi ditambah bed cover yang bersih. Uh, benar-benar kerasan dan bikin ketagihan bermalam di Doho.



Esok pagi, menjelang Subuh sudah terbangun dengan alarm, padahal baru tidur pukul 2.00 tapi karena nyaman tempatnya, rasa capek usai berenang dan begadang tidak terasa lagi. Sepupu saya mengajak berenang, tetapi saya sudah capek. Saya ingin menulis di tepi kolam, di sana disediakan banyak tempat duduk untuk mereka yang menikmati view kolam. Hanya saja tidak menemukan colokan untuk ngecas lappy. Jam berputar begitu cepat, jam 6.00 teng! Sudah siap breakfast, dengan latar soundsystem alunan instrument di Bali. Masih pagi, orang yang menuju breakfast sudah mulai ramai, maka kami mengambil jatah makanan kami. Asyiknya bisa menikmati secangkir kopi di pinggir kolam.



Sebenarnya kami ingin berlama-lama di sana, tetapi ada trip ke pantai Papuma sepagi mungkin kami sudah check out, juga memastikan tidak ada yang tertinggal di homestay. Menuju parkir yang luas dan gratis, sembari menunggu proses check out. Saya dan sepupu memilih foto OOTD, sayang banget kalau gak foto di tempat yang instagramable, ada di korner tangga, juga di taman dan terakhir di sekitar kolam.

Udah dulu ya, kisah kami di homestay Doho. Bakalan merindukan tempat ini lagi dan semoga bisa berkunjung lagi. Rating dari saya untuk hotel ini 8,9/10.

Tambahan informasi dari web : Agoda.com





Penulis : Baiq Cynthia

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan sempatkan memberikan komentar. Saya akan memberikan umpan balik dan berkujung kembali pada blog Anda.