Kembang Kemenangan

“Sebetulnya yang dibutuhkan untuk menulis bukan mood, tapi gagasan. Gagasan-lah yang melecut kita untuk segera menumpahkannya.”


(One Week One Paper)




Salah satu teman saya mengatakan, jangan pernah terpengaruh oleh apa yang dikatakan orang lain. Jalani kehidupan dengan istiqomah, berproses di dalamnya sampai berhasil.


Alhamdulillah, Allah Maha Baik memberikan apa yang selama ini didambakan, terkadang sangat sulit untuk memulai hal yang sudah lama ditinggalkan. Tetapi, selama masih ada passion tidak akan merasa kesulitan melanjutkan apa yang selama ini digeluti.


MENULIS. Menjadi tantangan tersendiri bagi saya. Selama ini saya membatasi tulisan yang saya hasilkan, saya tidak pernah bebas berekspresi di dalamnya. Padahal dalam menulis harus berani bereksperimen.


Memang saya selalu menantang diri untuk mengikuti beberapa event kepenulisan atau grup literasi. Tetapi saat saya melambungkan harapan terlalu tinggi namun ekspektasi tidak sesuai kenyataan, saya merasa sangat kecewa! Itu berpengaruh pada proses pemikiran saya, terlebih dengan problem yang rasanya tiada surutnya.



Sangat sedih kalau mengingat apa yang saya lakukan selama ini, tidak fokus, dan selalu larut dalam permasalahan. Saya juga merasa hilang jati diri yang selama ini dibangun ketika sudah tiada lagi support dari keluarga.


Tetapi saya sangat bersyukur dengan kehadiran teman-teman literasi yang tiada hentinya memberikan semangat dan motivasi yang kukuh.


Sekarang saya mengerti … menulis bukan sekedar menorehkan apa yang dipikirkan dan dirasakan oleh sanubari, menulis harus punya komitmen dan gagasan yang harus dipertanggungjawabkan kelak. Karena setiap apa yang ditulis pasti meminta ‘jatah’.


Kita tidak pernah benar-benar aman, karena setiap detik akan ada yang menganggu proses penulisan kita.



Tetap berjuang dengan tulisan, meski kamu tidak tahu seberapa bagus tulisanmu. Kamu hanya perlu percaya diri akan kemampuanmu, suatu saat kamu bisa menghasilkan karya. Semangat!


Baiq Cynthia

Baiq Cynthia Menggeluti dunia literasi dan freelancer, sebagai editor lepas dan penulis content writer. Bukunya berjudul September Wish dan DARAH. Menantikan kehadiran buah hatinya.

Post a Comment

Popular Posts