[Review Buku] ISTIGHFAR CINTA ~ Novel Pewaras Hati (Mulyanto)

Penulis memaparkan dalam Iftitah novel manis yang sarat pendidikan ini merupakan hasil tadaburnya pada Al Quran surat At-Taubah ayat 74: "Maka jika mereka bertaubat, itu adalah lebih baik bagi mereka, dan jika mereka berpaling, niscaya Allah akan mengazab mereka dengan azab yang pedih di dunia dan di akhirat; dan mereka sekali-kali tidak mempunyai pelindung dan tidak (pula) penolong di muka bumi."



Buku berjudul Istighfar Cinta sebuah novel Pewaras Hati karya Mulyanto benar-benar memberikan inspirasi jiwa untuk senantiasa menggantungan diri kepada yang Maha Memiliki juga Maha Menerima Taubat.

Ria Melisa si teller bank swasta, sebagai wanita karier--hobi shopping sudah menjadi bagiannya. Menghabiskan waktu untuk hura-hura. Tak terkecuali mendekati lubang lumpur yang sangat dilarang—berpacaran berujung zina. 
Allah menitipkan janin di rahim Ria. Tetapi, saat itu hidayah juga datang. Kasih sayang Rabb yang mengucur pada hambahnya. Termasuk jodoh untuk Ria.
Bagai bunga seruni, tersenyum merekah bersenandung pada kumbang untuk mendekatinya. 

Tak ada bayangan untuk membunuh segumpal darah yang tak berdosa. Ria terus mendekatkan diri, memperbaiki hati. Hingga si cabang bayi akan memiliki seorang Ayah. Meski bukan ayah kandungnya. 
Ini bukan akhir segalanya, justeru menjadi tantangan awal untuk seseorang yang menyatakan cinta kepada Ilahi.

 




Kamu benar-benar akan diuji pada hartamu dan dirimu [Âli ‘Imrân/3: 186]



Petik hikmah dalam buku yang penuh hikmah. Sedikit berkaca manik mata saya, seusai membaca kisah penuh inspirasi. Membaca novel ini laksana menonton sebuah film fenomenal. Saya sangat setuju jika buku ini kelak difilmkan. Meski nantinya akan ada perbaikan di beberapa bagian. 

Selama membaca novel yang sederhana, sangat memikat karena ukurannya yang tidak terlalu tebal. Sekali mendaras akan tandas. Bisa menjadi teman saat perjalanan. 

Novel ini benar-benar mengedepankan nilai-nilai agama. Maka tak salah judulnya Istigfar Cinta. Setiap halaman mengajak pembaca untuk merenungi arti hidup. Hidup yang tak hanya tentang hakikat duniawi tetapi juga ukhrawi. 

Berisi juga tentang parenting, bagaimana mendidik anak secara tak langsung saya mendapatkan ilmu. Setiap bayi terlahir seperti kertas kosong. Hanya orangtua yang menentukan akhlak dan agamanya.
Sangat menyayangkan, plot yang terkesan cepat. Alternatifnya, hati ikut membaca selain pikiran yang mengolah. Saya menyukainya! Sangat rekomended bagi yang ingin berhijrah namun masih belum percaya diri. Bahwa Allah menerima hambah-Nya yang bertaubat. 
Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyucikan diri (QS Al-Baqarah [2] : 222)

Salam ukhwuah. 

Situbondo, 

Jumat, 13 Oktober 2017

Pereview : Baiq Cynthia

Judul : Istigfar Cinta, Novel Pewaras Hati

Penulis : Mulyanto

Penerbit : Kota Tua

Cetakan  : Pertama, Maret 2017

ISBN : 978-602-61136-6-5

Baiq Cynthia

Baiq Cynthia Menggeluti dunia literasi dan freelancer, sebagai editor lepas dan penulis content writer. Bukunya berjudul September Wish dan DARAH. Menantikan kehadiran buah hatinya.

Post a Comment

Popular Posts