Senja Menyorot Merah Putih

#YakinSudahMerdeka

"Kemerdekaan adalah hak segala bangsa ...." 


Tetapi, mereka yang merdeka hanya sebagian kecil. Merdeka dari kebodohan. Merdeka dari kebutuhan pangan. Merdeka dari melek baca. Merdeka dari tontonan tak layak.
Bangsa yang benar-benar merdeka saat slogan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat; tak hanya sekedar slogan. 
Refleksi kemerdekaan (?) 
Tanyakan kepada nurani. Saat pelajar berkata sekolah hanya untuk ijazah. Ijazah untuk bekerja. Apakah kemerdekaan itu sudah terwujud? 
Indonesia memiliki persentase penduduk besar di dunia. Sudahkah berhenti mensuplai barang dan kebutuhan dari luar? 
Generasi muda yang cerdas dan tangguh, seolah enggan berkiprah di negara tercinta. Mereka yang diterima beasiswa di luar negeri. Sekelumit yang mau membangun Indonesia. Sisanya lebih bangga tinggal di luar.
Hedonisme menjadi raja. Empati menjadi nol besar. Mereka berlomba-lomba menghapus budaya timur. Tak sedikit yang lebih menyukai budaya barat. 
Indonesia sudah merdeka 72th. Tapi tikus berdasi kerap membuat resah masyarakat. Meraup banyak keuntungan. Tertidur saat kerja. 
Indonesia memang merdeka. Tapi, bangsanya masih terjajah oleh kaum sendiri. Terjajah oleh krisis intelektual. Generasi menjiplak menjadi raja. Generasi berprestasi menjadi patung manusia.
Indonesia, yang diperjuangkan oleh "Merdeka atau Mati." Dihapus oleh "Terima atau bunuh diri." 
Wahai hati, begitu cepat pergi. Luntur oleh nilai-nilai moral, agama. Seperti angin yang meniup debu. Indonesia, kuharap namamu selalu tertanam. Tak hanya pada hari ini. Setiap hari menggema.
NKRI Merdeka, harga mati!
Situbondo, 17 Agustus 2017

Baiq Cynthia

Baiq Cynthia Menggeluti dunia literasi dan freelancer, sebagai editor lepas dan penulis content writer. Bukunya berjudul September Wish dan DARAH. Menantikan kehadiran buah hatinya.

2 comments

  1. Cukup membakar semangat perjuangan melawan Hegemony barat.

    ReplyDelete
  2. Semangat tak boleh redup meski terjangan jajahan begitu kuat

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung, silakan sempatkan memberikan komentar. Saya akan memberikan umpan balik dan berkujung kembali pada blog Anda.

Popular Posts